Select Page

awanbabyclothing – Untuk menghentikan kebiasaan mengompol, ada cara yang harus diajarkan oleh ibu kepada anak. Karena secara pasti tidak ada ketetapan usia anak untuk bisa berhenti mengompol. Karena setiap anak berbeda-beda.

Namun pada usia 7 tahun semestinya anak sudah bisa mengontrol kantung kemihnya agar pada malam hari tidak mengompol. Begitupun bunda tidak harus menunggu kok sampai anak berusia 7 tahun. Merangkum dari berbagai sumber, ada sejumlah hal yang perlu ibu perhatikan untuk menghentikan kebiasaan mengompol. Jadi kalau bisa menghentikannya sedari dini, kenapa tidak? Berikut hal-hal yang bisa anda ajarkan kepada si kecil.

  • Biasakan Anak Untuk Buang Air Kecil Sebelum Tidur

Langkah pertama yang bisa anda ajarkan kepada si kecil untuk menghentikan kebiasaan mengompol adalah membiasakannya buang air kecil sebelum tidur. Lakukan kegiatan ini setiap hari sebelum tidur. Jika sudah menjadi kebiasaan setiap malam maka kantung kemihnya pun tidak penuh. Tetapi ada pula hal yang bisa mendukung kebiasaan ini yakni hindari memberi banyak minum sebelum jam tidur. Bila perlu jangan memberikan anak minuman berkafein atau susu cokelat sesaat sebelum tidur karena itu bisa memicu anak buang air kecil saat tidur.

  • Lakukan Toilet Training

Mengajari anak untuk toilet training juga membantunya untuk melakukannya di tempat yang tepat ketika hendak buang air. Adapun usia yang pas untuk mulai mengajarkan anak toilet training ialah ketika si kecil sudah dapat duduk sendiri dengan tegak tanpa ada penopang. Namun meski demikian, sebaiknya jangan melepaskan anak begitu saja saat toilet training. Tetaplah pantau saat mengedukasi anak.

  • Hindari Menakuti Si Kecil

Cobalah untuk tidak selalu menakut-nakuti si kecil. Karena terkadang salah satu faktor si kecil suka mengompol akibat takut sehingga si kecil malas untuk beranjak dari tempat tidurnya. Bahkan saking takut kegelapan, anak akhirnya buang air kecil di kasur. Untuk itu bunda perlu menanamkan keberanian pada si kecil dan bila perlu selalu bersedia saat si kecil membanguni anda untuk menemaninya buang air kecil ke kamar mandi.

  • Tidak Memarahi Anak Jika Tidak Berhasil

Kebiasaan terbentuk dari perlakukan yang berulang-ulang. Untuk itu jika anda telah menerapkan cara-cara di atas setiap hari namun belum berhasil, jangan langsung memarahi anak. Latih saja dengan penuh kesabaran hingga lambat laun anak menjadi terbiasa dan bisa paham akan semua hal yang anda ajarkan.