Select Page

Awanbabyshop – Mengandung janin selama 9 bulan tentu akan terbayarkan dengan lahirnya seorang anak di hidup Anda. Terlebih jika Anda mengandung anak pertama dimana kehadirannya memang sangat diharapkan. Dalam mendekati persalinan tentunya seorang ibu akan disibukkan dengan menyiapkan beberapa perlengkapan bayi yang harus disiapkan dalam menyambut kehadiran bayi tersebut.

Beberapa perlengkapan tentunya harus dipilih sebaik mungkin karena akan dipakai oleh bayi setiap harinya. Seperti halnya memilih baju bayi baru lahir dimana harus memenuhi syarat tertentu.

Berikut Perlengkapan bayi yang harus disiapkan jelang kelahiran.

1.Bedong

Perlengkapan bayi pertama yang tentu harus ada ialah bedong. Bedong digunakan untuk menghangatkan tubuh bayi. Pada umumnya, kain bedong memiliki ukuran sekitar 110 cm x 90 cm. Akan lebih baik jika Anda memilih kain bedong yang lebar agar dapat dengan mudah untuk membedong bayi. Dalam menyiapkan bedong, Anda setidaknya harus memiliki sekitar 2 lusin. Hal ini karena bayi akan sering mengganti pakaian ketika buang air kecil dan juga buang air besar.

2. Popok Bayi

Prlengkapan kedua untuk Anda miliki ialah popok. Untuk bayi popok digunakan sebagai celana dan memang akan diganti sesering mungkin. Terlebih jika cuaca dingin, bayi akan sering pipis sehingga mengharuskan kita untuk menggantinya. Pada umumnya, bayi akan mengganti popok lebih sering pada siang hari dibandingkan pada malam hari. Agar menghindari popok bayi yang tidak cukup, setidaknya Anda harus menyiapkan popok sebanyak 3 lusin.

3. Celana Bayi

Bayi tentunya akan dikenakan celana setelah popok bayi. Pada umumnya, celana bayi yang sering digunakan ialah model celana Pop. Model celana pendek dapat dipakai oleh bayi pada siang hari, sedangkan untuk malam hari harus dipakaikan celana panjang.

Kebutuhan celana pada bayi baru lahir memang sangat diperlukan ddalam jumlah yang cukup banyak karena bayi akan sering buang air kecil.

4. Kaos Kaki dan sarung tangan

Perlengkapan selanjutnya ialah dengan menyiapkan kaos kaki dan juga sarung tangan bayi. Kedua benda ini tentunya berfungsi untuk melindungi tangan dan kaki bayi dari udara dingin. Kedua perlengkapan ini sering kali disepelekan, namun ternyata memiliki peranan yang cukup penting untuk bayi. Bagaimanapun juga, jika kaki dan tangan bayi kedinginan, maka akan membuat bayi mengalami susah tidur. Selain itu, kaos kaki dan juga sarung tangan bayi berfungsi untuk menghangatkan dan melindungi kuku bayi agar tidak mencakar wajahnya.

5. Peralatan Mandi Bayi

Bagaimanapun juga, peralatan mandi bayi harus benar-benar diperhatikan. Tentu saja, Anda harus memilih produk sabun dan juga sampo bayi yang aman. Jika kita tidak pintar memilih, maka akan menyebabkan kulit dan tubuh bayi mengalami iritasi. Untuk memilih peralatan mandi bayi, alangkah baiknya jika Anda memilih handuk yang lembut  serta menjaga peralatan mandi tersebut agar tidak terkena kuman.

6. Selimut

Bayi baru lahir memang membutuhkan kehangatan. Dalam hal ini selimut bayi memang sangat penting dan termasuk ke dalam salah satu perlengkapan yang harus ada. Selain di rumah, selimut bayi juga memang dibutuhkan ketika berpergian karena dapat melindungi bayi dari cuaca dingin dan juga hembusan angin. Dalam memilih selimut pilihlah bahan yang lembut dan juga nyaman.

7. Gendongan bayi

Gendongan bayi tentunya memang sangat perlu untuk digunakan ketika menggendong bayi dalam waktu yang cukup lama. Hal ini karena ketika bayi digendong dengan tangan akan membuat bayi merasa kurang nyaman sehingga akan membuat bayi Anda menjadi rewel. Untuk itu, gunakanlah gendongan bayi yang didepan. Sedangkan jika Anda ingin menggendong di belakang, Anda tentunya bisa menggunakannya ketika bayi sudah dapat berjalan.

8. Tempat Tidur Bayi

Agar bayi bisa tidur dengan nyaman, setidaknya persiapkanlah tempat tidur bayi senyaman mungkin. Dalam memilih tempat tidur alangkah baiknya jika dilengkapi dengan kelambu agar dapat melindungi bayi dari sengatan nyamuk. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini banyak sekali model tempat tidur yang lucu dengan model yang portable sehingga dapat dipindah-pindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

9. Terpal Anti Pipis

Hampir ibu tentunya melengkapi peralatan bayi dengan benda yang satu ini. Perlengkapan bayi ini tentuya digunakan untuk menghindari agar pipis bayi tidak langsung menyerap ke bawah kasur. Benda ini lebih sering disebut sebagai alat bayi. Untuk membeli terpal ini, Anda bisa membeli ukuran terpal dengan ukuran 70 cm x 90 cm agar dapat dengan luas melapisi bagian bawah bayi agar air pipisnya tidak merembes langsung ke kasur. Anda bisa membeli terpal bayi setidaknya dua buah agar dapat digunakan secara bergantian.

10. Bantal dan Guling Bayi

Biasanya tempat tidur bayi sudah dilengkapi dengan bantal dan juga kasur. Setidaknya bayi Anda membutuhkan 2 bantal dan guling yang ditempatkan di samping bayi. Dalam memilih bantal dan guling bayi, alangkah baiknya jika Anda memilih bahan yang bagus agar tidak mudah kempes dan juga lepek.

11. Botol Dot

Tidak dapat dipungkiri bahwa ASI merupakan salah satu sumber nutrisi yang paling baik dalam mendukung perkembangan buah hati Anda. Akan tetapi, tidak semua ibu dapat memberikan ASI yang cukup untuk buah hatinya. Hal ini tentunya disebabkan oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Untuk itu, diperlukan salah satu cara dan juga alternatif yang bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan ASI si kecil. Memerah ASI dan dimasukkan ke dalam botol yang steril tentunya menjadi langkah yang harus Anda lakukan.

Untuk alat sterilisasi, Anda tentunya bisa memilih BPA Free untuk menjaga kesehatan bayi Anda. Setidaknya belilah botol dot bayi sebanyak 4 buah dan 1 alat sterilisasi agar dapat di ganti sesering mungkin. Langkah ini tentunya untuk mencegah agar kuman dan juga virus tidak dapat berkembang di dalam botol bayi.

12. Kaos Dalam

Kaos dalam atau singlet merupakan pakaian dalam yang digunakan setelah bayi berumur 2 bulan atau tergantung dari bobot badan bayi. Untuk bayi dibutuhkan kenyamanan, maka salah satu alternatif dimana bayi bisa menggunakan singlet. Untuk kaos dalam bayi sebanyak 1 lusin sudah lebih dari cukup.