Select Page

Awanbabyshop – Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang begitu sensitif. Biasanya memandikan bayi yang baru lahir akan dilakukan dokter, bidan atau perawat setelah bersalin. Kemudian dibalut dengan kain sebagai prosedur standar membersihkan tubuh bayi.

Namun kenyataannya, semakin lama Anda menunda waktu mandi pertama si kecil akan semakin baik bagi kesehatannya. Mengapa demikian?

Berikut alasan mengapa memandikan bayi baru lahir sebaiknya ditunda :

1. Mengurangi risiko infeksi

Bayi terlahir dilapisi oleh zat lemak bernama vernix yang melekat pada sekujur kulitnya. Kelihatannya agak seperti krim putih yang bertekstur licin seperti lilin.

Beberapa bayi bisa terlahir dengan lapisan vernix yang tebal dan banyak. Mungkin itu sebabnya banyak orangtua yang merasa perlu untuk segera memandikan bayi baru lahir mereka karena lapisan vernix ini membuat penampilan bayi tampak ‘kotor’.

Padahal, fungsi vernix tidak sembarangan. Vernix mengandung protein yang mampu mencegah infeksi bakteri umum seperti Grup B Strep dan E. coli yang dapat berakibat fatal bagi bayi baru lahir.

Vernix juga memiliki sifat imun. Maka, membiarkannya menempel lebih lama pada kulit bayi akan memberikan lapisan perlindungan tambahan bagi si bayi sementara menunggu sistem kekebalan tubuhnya perlahan menguat.

2. Membantu Regulasi Suhu Tubuh

Bayi terlindungi dan hangat di dalam rahim. Pada kebanyakan kasus, bayi lahir di ruangan yang suhunya lebih dingin dari yang ada di rahim.

Bayi baru lahir tidak bisa menyesuaikan suhu tubuh dengan baik dan tidak memiliki insulasi lemak yang sama seperti orang dewasa, meski bayi menghabiskan bagian akhir kehamilan untuk menyimpan lemak.

Memandikan bayi baru lahir bisa membuat si kecil kedinginan dan itu artinya, ia perlu menggunakan lebih banyak energi dan oksigen untuk menjaga suhu tubuhnya tetap stabil.

3. Mencegah hipotermia

Patricia Evans, seorang Bidan di Fountain Valley, California, mengatakan bahwa, menunda mandi pada bayi baru lahir dapat menjaga suhu tubuh mereka tetap stabil.

Jika suhu tubuh bayi terlalu dingin, maka dapat membuat gula darah bayi menurun, bahkan terjadi penurunan suhu tubuh extream (hipotermia).

4. Menurunkan Risiko Infeksi

Vernix terbuat dari sel kulit bayi yang terbentuk di awal perkembangannya, juga protein untuk mencegah infeksi bakteri yang umum terjadi. Bayi terlahir dengan krim anti bakteri alami ini pada kulit untuk melindunginya dari bakteri.

Bayi lebih berisiko terpapar bakteri seperti Staphylocci, Clostridium difficile, dan E. Coli di rumah sakit. Bakteri-bakteri ini bisa menyebabkan komplikasi seperti pneumonia, meningitis, infeksi staph, dan infeksi sistem pencernaan. Infeksi ini biasa terjadi dan bisa menyebabkan kematian pada bayi baru lahir.

Jadi tetap jaga bayi di dekat Anda, pikirkan dengan seksama prosedur mana yang perlu diambil. Menunda untuk memandikan bayi bisa melindunginya dari bakteri ini.