Select Page

AwanbabyClothing – Ketahui warna BAB Bayi baru lahir yang normal. Warna kotoran bayi dapat berubah seiring bertambahnya usia bayi, jadi orang tua tidak perlu cemas jika warna kotoran bayi berubah-ubah.

Berikut Warna BAB Bayi Baru Lahir yang Normal

Hijau kehitaman

Pada usia 1-3 hari, bayi akan mengeluarkan mekonium, yaitu kotoran bayi baru lahir. Mekonium terdiri dari cairan ketuban dan lendir yang tertelan bayi ketika masih berada di dalam kandungan.

Teksturnya cenderung lengket dan berwarna hijau kehitaman. Bila bayi baru lahir mengeluarkan mekonium, tandanya usus Si Kecil mampu bekerja dengan baik.

Hijau kecokelatan

Setelah hari ke-3, warna kotoran hijau kehitaman akan berangsur berubah menjadi hijau kecokelatan. BAB bayi baru lahir yang berwarna hijau kecokelatan menandakan ia sudah mulai mencerna ASI.

Bila pada masa ini kotoran bayi terus-menerus berwarna hitam hingga beberapa hari setelahnya, maka orang tua perlu berkonsultasi dengan dokter anak.

BAB berwarna hijau kecokelatan juga biasanya dialami oleh bayi yang minum susu formula. Akan tetapi, teksturnya lebih kental atau padat dibandingkan bayi yang diberi ASI eksklusif. Baunya juga lebih menyengat menyerupai kotoran orang dewasa. Ini karena bayi belum mampu mencerna susu formula sepenuhnya.

Kuning

Kotoran bayi baru lahir berwarna kuning gelap, umum terjadi pada bayi yang diberi ASI dan susu formula. Jika berubah warna menjadi kuning terang, ini mungkin merupakan pengaruh dari obat atau makanan yang dikonsumsi oleh ibu.

Warna BAB Bayi Baru Lahir yang Perlu diwaspadai

Meski warna BAB bayi baru lahir dapat berbeda-beda, namun ada pula yang perlu menjadi perhatian orang tua, yaitu jika BAB bayi berwarna merah, hitam, atau putih. Bila BAB Si Kecil berwarna seperti demikian, segera periksakan ia ke dokter.

Merah

Warna merah bisa mengindikasikan BAB bayi berdarah. Ini artinya ada darah segar dari dubur atau usus besar Si Kecil yang keluar bersama kotoran. Hal ini dapat menandakan Si Kecil mengalami konstipasi, infeksi, alergi, atau kelainan pada saluran cerna yang harus segera diperiksakan ke dokter.

Sangat pucat atau putih

Warna BAB bayi yang terlihat pucat atau putih, dapat menunjukkan adanya masalah pada organ hati atau saluran empedunya. Warna BAB bayi putih juga sering terjadi pada bayi yang mengalami penyakit kuning.

Hitam

Warna hitam menunjukkan adanya darah di dalam saluran pencernaannya. Konsultasikan kepada dokter bila hal ini terjadi. Ada kemungkinan kotoran ini bukan lagi mekonium.

Ketika mengganti popok, perhatikan warna dan tekstur BAB bayi baru lahir. Selain warna tinja pada BAB bayi baru lahir, perhatikan juga apakah bayi menunjukkan tanda dan gejala lain, seperti demam, rewel atau tampak kesakitan, bayi mengalami kolik, muntah-muntah, dan jika berat badannya tidak bertambah. Selalu waspada yah bunda untuk kesehatan si kecil;.

Jika bunda sedang mencari pakaian untuk si kecil, awanbaby menyediakan pakaian bayi yang berkualitas. Happy Shopping bunda..